#UPERP13T04A - Create Team's File on Google Doc

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hi Guys, What's up? I hope you're being good.
So~, Welcome to another post of mine, here I wanna share about how to create a file (my team's file) on Google Doc

Melalui Komputer
  1. Kunjungi https://docs.google.com melalui peramban web. Anda bisa menggunakan peramban web Windows atau macOS untuk mengakses Google Docs, termasuk Chrome, Safari, dan Microsoft Edge.Jika belum memiliki akun Google/Gmail, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu sebelum bisa mengakses Google Docs.
  2. Masuklah ke akun Google. Ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar untuk masuk ke akun Google/Gmail menggunakan nama akun dan kata sandinya. Anda akan dibawa ke daftar dokumen yang sudah dibuka, disunting, atau dikerjakan. Selain itu, ada beberapa opsi pembuatan dokumen baru di bagian atas layar.
  3. Klik tombol “Blank+ untuk membuat dokumen baru. Tombol ini berada di pojok kiri atas halaman. Setelah itu, dokumen kosong yang dapat disunting sesuai keinginan akan dibu
    • Jika ingin membuat dokumen baru dari templat, klik “Template Gallery” di pojok kanan atas halaman untuk memperluas daftar, kemudian klik pilihan templat untuk membuat dokumen baru.
    • Beberapa opsi templat populer (mis. “Resume” dan “Brochure”) akan ditampilkan di sisi tengah atas halaman.
  4. Klik Untitled document untuk mengubah nama berkas. Dokumen baru Anda secara otomatis bernama "Untitled document". Untuk mengubah judulnya, tekan tombol Del untuk menghapus teks, kemudian tikkan nama baru. Tekan tombol Enter atau Return untuk menyimpan perubahan.[1]
  5. Sunting dokumen. Selama komputer terhubung ke internet, Google Docs akan menyimpan dokumen secara otomatis saat Anda mengetikkan teks.
    • Gunakan bilah peralatan di bagian atas dokumen untuk menyesuaikan ukuran, jenis, warna, dan gaya fon.
    • Untuk menyesuaikan penjarakan garis, klik menu “Format”, pilih “Line Spacing”, dan klik “Single”, “Double”, atau opsi lain yang diinginkan.
    • Menu “Format” juga memuat peralatan untuk menambahkan kolom, kepala dokumen, kaki surat, dan elemen-elemen lainnya.
    • Untuk memasukkan gambar, tabel, bagan, atau karakter khusus, klik menu “Insert”, pilih konten yang ingin ditambahkan, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
    • Google Docs akan menggarisbawahi kesalahan eja yang ada. Klik kata yang digarisbawahi untuk melihat saran perbaikan, kemudian klik kembali opsi yang ingin digunakan. Untuk memeriksa ejaan seluruh dokumen, klik menu “Tools”, kemudian pilih “Spelling”.
    • Jika ingin mengunduh salinan dokumen, klik menu “File”, pilih “Download as”, kemudian tentukan format dokumen yang diinginkan.

  6. Bagikan dokumen. Jika Anda ingin menjadikan dokumen sebagai pekerjaan kolaboratif dengan orang lain, Anda bisa membagikannya dengan pengguna atau kelompok. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
    • Klik tombol “Share” berwarna biru di pojok kanan atas halaman.
    • Masukkan alamat surel orang-orang yang ingin Anda ajak berbagi dokumen. Pisahkan setiap alamat dengan koma.
    • Klik ikon pensil di sisi kanan kotak "People" untuk melihat daftar izin (“Can view” jika pengguna hanya bisa melihat dokumen, “Can edit” agar pengguna dapat menyunting dokumen, dan “Can comment” jika pengguna diizinkan untuk mengunggah komentar), kemudian pilih opsi.
    • Klik “Advanced” di pojok kanan bawah jendela “Sharing” untuk melihat opsi tambahan dan buat perubahan seperlunya.
    • Klik “Send” untuk mengirimkan tautan ke dokumen.
  7. Tutup dokumen. Klik ikon selembar kertas berwarna biru di pojok kiri atas halaman untuk kembali ke daftar dokumen.
  8. Sunting dokumen di masa mendatang. Ketika ingin melanjutkan pekerjaan, cukup kembali ke https://docs.google.com, kemudian klik nama dokumen yang diinginkan pada daftar berkas.
Melalui Aplikasi Google Doc pada Ponsel atau Tablet
  1. Pasang aplikasi Google Docs pada ponsel atau tablet. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dari App Store. Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda bisa mengunduh Google Docs dari Play Store.
    • Cari dan baca artikel mengenai cara memasang aplikasi untuk mengetahui cara mengunduh aplikasi ke perangkat seluler.
    • Jika belum memiliki akun Google/Gmail, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu sebelum bisa mengakses Google Docs.
  2. Buka Google Docs. Aplikasi ini ditandai oleh ikon selembar kertas berwarna biru (berlabel "Docs") yang biasanya ditemukan di home screen (iPhone/iPad) atau laci aplikasi (Android).
  3. Sentuh tombol +. Tombol ini berada di dalam lingkaran di pojok kanan bawah layar.
  4. Sentuh New document untuk membuat dokumen baru. Jika Anda menggunakan perangkat Android, opsi ini berfungsi membuat dokumen kosong. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, masukkan judul/nama dokumen dan sentuh tombol “CREATE”. [2]
    • Jika ingin menggunakan templat, sentuh “Choose template” untuk membuka jendela penelusuran templat, kemudian pilih opsi yang diinginkan untuk membuat dokumen baru dalam format templat tersebut.
  5. Sunting dokumen. Selama perangkat terhubung ke internet, Google Docs akan menyimpan pekerjaan secara otomatis saat Anda mengetikkan teks.
    • Untuk menyesuaikan penjajaran paragraf dan/atau penjarakan baris, sentuh dua kali bagian yteks yang ingin diubah, pilih ikon “Format” (ikon huruf “A” dengan beberapa baris), pilih “Paragraph”, dan tentukan opsi yang diinginkan.
    • Untuk mengubah tampilan teks, sentuh dua kali teks untuk menampilkan penanda berwarna biru, kemudian seret penanda untuk menyeleksi teks yang ingin disunting. Sentuh ikon “Format” (ikon huruf “A” dengan beberapa baris), pilih “Text”, dan sentuh opsi yang diinginkan.
    • Anda bisa menyisipkan gambar, kepala dokumen, kaki surat, tabel, nomor halaman, dan elemen lain saat berada dalam mode pencetakan (“Print Mode”).[3] Untuk mengaktifkan mode ini, sentuh ikon tiga titik di pojok kanan atas halaman, kemudian geser opsi "Print layout" ke posisi aktif (“On”). Sentuh ikon pensil di pojok kanan bawah halaman untuk kembali ke jendela penyuntingan, sentuh tombol “+” untuk membuka menu sisipan, dan pilih konten yang ingin ditambahkan ke dokumen.
  6. Bagikan dokumen. Jika Anda ingin menjadikan dokumen sebagai pekerjaan kolaboratif dengan orang lain, Anda bisa membagikannya dengan pengguna atau kelompok. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
    • Sentuh tombol “Share” (ikon manusia dengan simbol "+") di bagian atas jendela untuk menampilkan halaman "Share”.
    • Tikkan alamat surel pengguna yang ingin diajak berbagi dokumen pada kolom "People".
    • Sentuh ikon pensil di sisi kanan kolom "People" untuk melihat daftar izin (“Can view” jika pengguna hanya bisa melihat dokumen, “Can edit” agar pengguna dapat menyunting dokumen, dan “Can comment” jika pengguna diizinkan untuk mengunggah komentar), kemudian pilih opsi.
    • Sentuh ikon “Send” (bergambar pesawat kertas) di pojok kanan atas halaman untuk mengirimkan tautan dokumen melalui surel.
  7. Sunting dokumen di masa mendatang. Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan, cukup jalankan aplikasi Google Docs dan sentuh nama dokumen yang diinginkan pada daftar berkas. Jika ingin membuat perubahan, sentuh ikon pensil di pojok kanan bawah layar untuk masuk ke mode penyuntingan.
Berikut ini merupakan link dari file google docs kelompok STJ : LINK

Semoga dengan membaca post ini teman-teman dan saya sendiri bisa terbantu. Sepertinya cukup sekian post saya kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

See you in the next post~






Comments

Popular Posts